Selasa, 23 November 2010

telkom speedy lemoot...

Ini adalah pengalaman terburuk saya dengan menggunakan speedy sebulan ini. Walau sudah menggunakan broadband 512kbps yang harganya 300rb-an, jangankan download, browsing pun udah lambat banget.

Setelah berulang kali komplain ke speedy, akhirnya saya belajar beberapa hal yang ingin saya sharing di sini:

1. Speed Test

Lakukan Speedtest untuk mengecek apakah speedy anda yang lambat, atau halaman web yang anda browsing yang lambat.

Cara mengecek kecepatan Service provider anda:
1. local (indonesia saja)

Quote:
2. International
Quote:
  • Kunjungi http://speedtest.net/
  • Pilih salah satu kota di luar negeri (contohnya: Singapore)
  • Tunggu 1-10 menit untuk melihat hasilnya download speed dan upload speed.
  • Selama process, jangan mengalihkan screen anda ke windows lain.

Anda bisa saja mendapatkan speed yang cepat pada koneksi lokal, sedangkan koneksi internationalnya lambat. Mengapa demikian? Jawabnya mungkin IP address anda diblacklist oleh spamhaus.org.



2. Spamhaus

Berulang kali saya divonis oleh cewek speedy diseberang telpon bahwa komputer saya terserang virus. Virus yang dimaksud telah mengirimkan spamming ke beberapa website tertentu sehingga menyebabkan website2 tersebut lambat. Akibatnya ada sebuah organisasi anti-spam "spamhaus.org" yang menghukum IP address orang yang melakukan spamming. Akibatnya lagi kalau browsing jadi lambat.

So kalau browsing anda ke website internasional lambat, bisa jadi IP address anda sedang diblacklist.

Quote:
Cara mengecek apakah IP address apakah diblacklist:
1. Dapatkan IP address anda dari: http://www.ip-adress.com/
2. Check IP address anda di Spamhaus Blocklist Removal Center http://www.spamhaus.org/lookup.lasso
3. Lihat kalau IP address anda tertera di SBL, PBL, atau XBL. Jika anda melihat warna merah, berarti IP address anda ada di blacklist.
Seteleh menemukan IP-adress saya ternyata berada di PBL dan XBL blocklist spamhaus. Saya mulai mencoba membersihkan blocklist (blocklist removal) spamhaus.

Pertama2 saya disuruh mengudate anti virus dan melakukan scanning menyeluruh. Saya lakukan, tetapi tidak menemukan virus apa pun. Sang cewek speedy tetap memvonis komputer saa terserang virus. Akhirnya saya terpaksa memformat seluruh komputer saya dan menginstal antivirus dengan update terbaru.

Kemudian saya, disuruh oleh cewek speedy lain (ini udah yang kedua kali saya telp) untuk membersihkan IP address saya dari blocklist spamhaus.

Berikut adalah caranya:
Quote:
1. bersihkan XBL dulu
  • Click CBL pada halaman Blocklist Removal Center
  • Pada Halaman CBL LOOKUP UTILITY, scroll down sampai ke bagian paling bahwa. Click "Request delisting of xxx.xxx.xx.xx"
  • Apakah blocklist IP address anda sudah dibersihkan? Check status di Spamhaus Blocklist Removal Center http://www.spamhaus.org/lookup.lasso.

2. bersihkan PBL
Syaratnya XBL harus clear dulu.
  • Click PBL pada halaman Clocklist Removal Centre.
  • Click Remove and IP from PBL.
  • Tick I have read and I have understood this page, kemudian click Remove IP Address.
  • Isi form yang tersedia. Note: anda butuh email address selain yang email gratisan seperti gmail, yahoomail, hotmail, etc. Kalau anda tidak punya, pinjam dari teman anda.
  • Jika proses tidak ada error, anda akan dikirimin email berisi kode removal. Click link yang tersedia.
Akhirnya IP address saya bersih juga. Menurut keterangan Spamhaus, walau sudah bersih, butuh waktu untuk semua websites international mengetahui status bersih anda.

Apakah saya senang? Tidak!!!!

Besoknya, speedy saya tetap lambat. Saya mencek ke Speedy lagi. Kali ini cewek yang ketiga. Seperti dunia runtuh, komputer saya kembali divonis terserang virus???!!!! Saya kembali disuruh check ke spamhaus, karena melakukan spamming?????? Memang setelah saya check, IP address saya kembali di block.

Kembali saya melakukan scanning, formating, dan IP Address blocklist Removal. Setelah bersih, keesokan harinya lambat lagi dan kembali harus berantem dengan cewek judes di seberang telepon. Hasilnya kembali saya disuruh update antivirus dan scanning.

Kesal, akhirnya saya mencoba mencari tahu apa yang sedang terjadi. karena jika lambat lagi, saya akan PHK Speedy. Ini yang kutemukan:


3. Speedy's Dynamic IP address


Tahukah anda, setiap kali anda off dan on modem speedy anda, IP address anda berubah? Inilah yang terjadi pada speedy yang menerapkan dynamic IP address.

Saya mencek beberapa IP address yg sebelumnya sudah saya bersihkan dari spamhaus:
http://www.spamhaus.org/query/bl?ip=125.165.30.149
http://www.spamhaus.org/query/bl?ip=125.165.29.37
Ternyata masih bersih dari blocklist.


Kemudian, saya mencoba mengubah Ip addressnya sedikit yakni dari 125.165.30.149 ke 125.165.30.148. Ternyata IP address 148 juga terkena spamhaus. IP 147 juga terkena spamhaus, begitu juga dengan lain2nya.

Ternyata apa yang saya temukan adalah hampir semua IP address Speedy di blocklist spamhaus!!!!!

Saya mulai menyadari bahwa bukan komputer saya yang terserang virus apalagi melakukan spamming. Tetapi mungkin ada seseorang atau beberapa pengguna speedy yang terserang virus, sehingga setiap kali dia online denagn IP address baru, IP address ini menjadi terkontaminasi. Hasilnya, IP address ini diblock oleh spamhaus.

Sedangkan saya serta pengguna2 speedy yang lainnya yang ketiban getah. Setiap kali online, kita mendapatkan Ip address baru yang sudah terkontaminasi. Walau berapa kali pun kita mencoba membersihkan blocklist spamhaus, tiap kali online kita tidak akan mendapatkan IP address yang bersih itu lagi.

Masalah spamhaus ini adalah masalah SPEEDY. Jadi SPEEDY yang harus membersihkan IP-IP addressnya yang terkontaminasi.

Kemarin saya telp speedy lagi, dan saya tidak peduli siapa cewek yang sial ini. Begitu saya disalahin karena spamhaus, saya semprot dia habis2an dengan temuan2 saya. Namun, saya tetap kesal walaupun dia udah minta maaf dan bilang masalah ini akan dilaporkan ke level atas.

Semoga SPEEDY memperhatikan kasus ini, karena kita pengguna sudah dirugikan apalagi disalahkan!!!!.

NOTEPAD